Booking Tiket Pesawat Untuk Visa (Booking & Issued)

Posted on Updated on

Beberapa hari yang lalu saya dipusingkan dengan PR yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, yaitu booking tiket pesawat pergi pulang (PP) untuk keperluan pengajuan visa. Berhubung negara yang saya kunjungi sejauh ini masih negara Australia dimana pihak imigrasi mereka tidak mencantumkan tiket pesawat sebagai persyaratan pengajuan visa sehingga istilah “booking tiket pesawat” tanpa “issued” hanya sebatas pemahaman ( tapi g ngerti-ngerti amat) karena sering diucapkan oleh kawan dan kerabat yang sering wira-wiri ke negara eropa.

Mungkin bagi beberapa orang masih dibingungkan dengan istilah booking tiket pesawat dan issued tiket pesawat. Bagi yang belum paham, mereka pasti mengira bahwa kedua hal tersebut sama, sehingga mereka yang ingin mengurus visa tapi tidak tahu jadwal pasti keberangkatan atau kuatir jika sudah “booking” tapi visa ditolak. Disini saya akan jabarkan secara singkat mengenai booking tiket pesawat dan issued tiket pesawat.

Booking tiket pesawat

Sesuai arti dalam bahasa Indonesia, booking berarti pemesanan. Booking tiket pesawat berarti pemesanan tiket pesawat. Dalam proses booking, tidak dikenakan biaya apapun, tujuan dari booking adalah untuk mendapatkan harga pasti dan seat. Dalam booking tiket pesawat memiliki batas waktu (TIMELIMIT), batas waktu untuk melakukan pembayaran. Biasanya timelimit yang diberikan 3 x 24 jam, tapi tidak semua maskapai penerbangan demikian. Jika ingin mengambil tiket yang sudah di booking tersebut maka langkah selanjutkan ialah melakukan pembayaran, jika tidak jadi beli maka cukup dengan mengabaikan saja, dan itu tidak akan dikenakan biaya.

Issued tiket pesawat

Issued tiket pesawat berarti diterbitkan/dicetak, atau dikeluarkan sebuah tiket pesawat. Sebelum proses issued tiket pesawat dilakukan, terlebih dahulu kita melakukan proses booking sebelum timelimit booking habis. Dan pada proses issued tiket pesawat diperlukan biaya karena kita melakukan proses pembayaran sebesar harga tiket yang tertera. Jadi bisa diartikan proses issued ialah proses akhir dalam pembelian tiket pesawat.

Setelah saya paham betul perbedaan booking dan issued saya kembali dibingungkan dalam menemukan maskapai penerbangan mana yang bisa melakukan proses booking tanpa harus issued. sayapun ongkreh-ongkreh artikel melalui Google, dan akhirnya saya menemukan maskapai penerbangan yang bisa melakukan booking terlebih dahulu yaitu Thai Airways (salah satunya), karena tidak semua maskapai penerbangan menerapkan sistem booking. Di proses booking inipun saya tidak harus menyertakan detail credit card.

Dan akhirnya PR saya pun kelar sudah walaupun telat sehari.

2 thoughts on “Booking Tiket Pesawat Untuk Visa (Booking & Issued)

    Wahyu Alam said:
    2 May 2016 at 2:27 pm

    Wah, baru tahu saya istilah ini.
    Seharusnya dijelaskan, maskapainya apa saja, dan bisa dikasi contoh negara-negara mana saja yang harus pakai booking ticket.

    Jepang pakai booking ticket ngga, Put?
    Anyway, useful banget tulisan ini.

    Tulisanmu makin bagus. Jadi kapan bikin buku Rangperang Laok jilid 2 hahaha

    Like

      putrikapitan responded:
      2 May 2016 at 2:44 pm

      Makasih wahyu, it means alot to me, aku bikin part 2 deh. Wahh aku tertarik banget. Kita kyaknya harus ngatur jadwal buat sowan kesana deh, syukur” bisa lengkap personilna.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s