Apakah Anda Melakukan 14 Kesalahan Ini Saat Diet?

Posted on Updated on

images

Siapa sih wanita yang tidak ingin memiliki bentuk badan yang ideal. Dan selalu  tampak cantik di depan mata pasangan kita.

Saya pribadi sangat concern dengan namanya berat badan ideal. bahkan saya memiliki kecenderungan cepat stres jika mengetahui berat badan saya kelebihan sekilo dari yang seharusnya. Dan saya juga orang yang mau dengan senang hati diet, atau bahkan tidak makan sama sekali untuk bisa mengembalikan berat badan sesuai yang saya harapkan. Padahal diet bukan berarti tidak makan, dan mengurangi berat badan bukan berarti mengurangi asupan makanan.

Berikut ini merupakan kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan tanpa kita sadari dalam berdiet:

1. Crash Diet (Diet Kilat)

7-kesalahan-diet-yang-berbahaya-bagi-kesehatan-anda

Diet seperi ini sering kali menghilangkan unsur penting dalam diet itu sendiri. Diet tanpa karbohidrat, diet protein, dan diet tanpa lemak. Pola diet seperti ini tidaklah seimbang karena dapat membahayakan beberapa fungsi tubuh. Lemak memiliki peran penting bagi tubuh, yaitu membantu penyerapan vitamin D, K, E , dan vitamin A. Jadi, apa jadinya jika kita menghilangkan menu makanan yang mengandung lemak kedalam diet. Menghilangkan asupan karbohidrat pun sangat membahayakan sebab karbohidrat sangat dibutuhkan sebagai sumber energi utama. Diet benar yang dianjurkan adalah diet yang seimbang, tidak menghilangkan salah satu unsur dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Memang diet ini bisa menurunkan berat badan secara kilat, tapi sebagai akibatnya cara kerja sistem pencernaan menjadi lebih lambat karena kurangnya kalori. Saat target sudah terwujud dan tubuh kembali mengkonsumsi makanan secara normal, maka sistem pencernaan tidak terbiasa membakar kalori secara cepat sehingga berat badan pun cepat naik lagi.

2. Menahan Lapar

images1

Mengurangi porsi makan saja sudah menyiksa diri, apalagi menahan lapar. Bila rasa lapar sudah terasa, kita akan berusaha menahan rasa lapar kemudian menunda makan. Padahal menahan lapar membuat tubuh kehilangan energi sehingga metabolisme tubuh menurun, dan pembakaran lemak pun menjadi terhambat. Lapar juga merupakan sinyal bahwa perut sedang kosong dan gula darah telah menipis sementara otak membutuhkannya. Jika diteruskan, akan menyebabkan seseorang merasa pusing. Yang dianjurkan adalah makan 5 sampai 6 kali sehari, 3 kali untuk makan normal, dan 3 makanan ringan untuk memacu metabolisme.

3. Menghindari Sarapan

1-TH2-150x150

Sepertinya tidak sarapan merupakan cara mudah untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh, padahal sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting bagi tubuh seseorang. Saat kita tidur selama 8 jam tanpa nutrisi, tubuh kita sangat butuh asupan nutrisi di waktu sarapan tersebut, juga sebagai kebutuhan energi kita untuk menghadapi kegiatan kita sehari-harinya. Dengan melewatkan waktu sarapan menyebabkan tubuh kita mengalami kondisi katabolik di mana tubuh akan berusaha memenuhi kebutuhan energi dengan mengambilnya dari otot.

4. Menjauhi Makan Malam

makan-malam-tanpa-jadi-gemuk-bisa-banget-dengan-tips-ini

Memang benar saat kita tidur, tubuh tidak membutuhkan kalori sebanyak saat tubuh kita aktif, terutama karbohidrat. Akan tetapi, tubuh sangat membutuhkan protein pada saat lita tidur, karena inilah waktu dimana hormon pertumbuhan bekerja, memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh dan peran protein sangat penting di sini. Konsumsi protein harus dipastikan cukup saat makan malam. Disarankan mengkonsumsi protein sekitar 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

5. Enggan Makan Setelah Olah Raga

images2

Menurut sebagian orang, olahraga akan menjadi sia-sia jika makan setelah berolahraga. Padahal setelah berolahraga dan kemudian makan merupakan salah satu hal penting bagi tubuh. Sangat dianjurkan untuk minum karbohidrat dan protein sekitar 15 menit setelah berolahraga, untuk makanan berat waktunya  1 jam setelah latihan untuk memenuhi kebutuhan tubuh setelah berolahraga.

6. Menetapkan Waktu Bebas Makan dan Terlalu Menikmati Cheating Day

5-kesalahan-diet-hingga-anda-ingin-makan-terus

Cheating day biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang sedang berdiet untuk memakan makanan kesukaan mereka dengan bebas, baik dalam jumlah porsi maupun jenis makanan. Beberapa orang yang sedang diet biasanya menetapkan satu hari untuk makan bebas, yang biasanya dilakukan pada hari minggu. Tapi masalahnya, pada saat cheating day pelaku diet merasa bebas memuaskan hasratnya dengan mengonsumsi makanan-makanan dalam jumlah besar. Konsekuensinya adalah ribuan kalori bisa masuk dalam tubuh dalam sekejap. Selain itu, makan dalam jumlah besar pada saat cheating day juga berpotensi untuk membuat perut kembung.

7. Kurang minum Air Putih

minum-air-putih

Air merupakan salah satu elemen penting untuk membakar kalori. Jika kita mengalami dehidrasi, maka metabolisme tubuh kita pun akan menurun dan membuat penurunan berat badan lebih lambat. Para ahli menemukan bahwa orang dewasa yang meminum setidaknya 8 gelas atau lebih air putih setiap harinya membakar lebih banyak kalori daripada orang yang minum lebih sedikit.

8. Tidak Menghitung Kalori Dalam Cemilan

ngemil-dalam-ts

Jika kita selalu menghitung jumlah kalori dalam setiap makanan kita, jangan lupa juga untuk menghitung kalori pada setiap cemilan yang kita makan, kita dapat mencatatnya bila perlu sehingga dapat mengetahui berapa jumlah kalori yang kita konsumsi setiap harinya.

9. Menambah Kalori Melalui Minuman Tanpa Disadari

kalori pada minuman

Selain menghitung jumlah kalori pada cemilan kita juga wajib menghitung jumlah kalori dalam minuman. Karena kopi, minuman beralkohol, jus buah dan minuman bersoda mengandung kalori. Sedikit yang menyadari minuman yang kita sesap meskipun sedikit atau jarang bisa mengganggu program penurunan berat badan. Jadi mulailah menghitung total asupan kalori dari makanan, cemilan, dan minuman yang kita nikmati tiap harinya.

10. Menghindari Minum Susu

minumss

Susu full cream, keju, dan es krim merupakan hal-hal yang kita kita jauhi saat berdiet, akan tetapi menghindari juga bisa memberi dampak sebaliknya. Para ahli menemukan bahwa tubuh membakar lebih banyak lemak bila kita mengkonsumsi cukup kalsium setiap harinya dan memproduksi lebih banyak lemak bila kita kekurangan kalsium.
Mengkonsumsi suplemen kalsium sepertinya tidak memberikan efek yang sama dengan saat kita mengkonsumsi berbagai susu dan produknya. Oleh karena itu, gantilah susu dengan susu rendah lemak dan tetap mengkonsumsinya.

11. Terlalu Sering (Setiap Hari) Menimbang Berat Badan

timbangan

Menimbang berat badan setiap harinya pada saat diet hanya akan membuat kita merasa frustasi dan kecewa jika jarum di timbangan tidak bergerak. Akan lebih baik bila kita kita melakukannya seminggu sekali. Karena kita dapat melihat perubahannya secara signifikan dan membuat lebih termotivasi.

12. Menetapkan Target Yang Tidak Realistis

index

Menetapkan target yang terlalu tinggi dapat membuat kita merasa frustasi saat tidak mencapainya atau bahkan membuat kita tidak memulai diet karena tahu bahwa hal itu mustahil, misalnya target menurunkan berat badan 10 kg dalam seminggu. Tetapkanlah suatu target yang realistis sehingga kita dapat merasa lebih termotivasi dan mengalami penurunan berat badan.

13. Bebas Memilih Makanan Karena Merasa Sering Olah Raga

makan-kue

Karena berasumsi bahwa kalori dapat dibakar ketika berolahraga, maka sering dari kita yang sedang diet bebas mengonsumsi apapun karena kalori nanti akan hilang ketika berolahraga. Jika demikian, segera ubah pemikiran tersebut. Tapi jangan juga menjadikan diet sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Fokuslah pada manfaat yang bisa didapat ketika berolahraga dan penurunan berat badan akan mengikutinya.

14. Mengurangi Waktu Istirahat/ Tidur

images3

Tampaknya sepele namun sangat penting dalam penurunan berat badan. Jika kita ingin menurunkan berat badan, maka kita juga harus dapat mengelola kualitas tidur kita. Sebelum berencana melakukan diet dan latihan, perhatikan juga pola tidur. Waktu yang direkomendasikan adalah antara 7-8 jam per hari (orang yang cukup aktif membutuhkan waktu lebih banyak).

So ladies, diet yang sehat-sehat saja yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s