Mengenali Karakter Melalui Golongan Darah

Posted on Updated on

imagesPernah tidak kita mengalami kesusahan untuk memahami dan menghadapi karakter juga sifat seseorang. Bahkan terkadang pasangan sendiripun susah untuk dipahami… hem ngomongin pasangan, suamiku sering sekali bikin pusing kepala (lho kok malah curhat).

Ditulisan ini saya akan mencoba untuk membantu teman-teman dalam memahami seseorang, bisa teman, saudara atau bahkan gebetan yang sekarang dalam proses pedekate melalui tipe-tipe golongan darah. Tapi yang pasti tipe golongan darah bukan faktor satu-satunya yang mempengaruhi katakter dan sifat manusia.
Tulisan mengenai “Mengenali Karakter Melalui Golongan Darah” ini saya kutip berdasarkan buku yang saya baca, yang saya pinjam dari teman baik saya saat berkunjung ke rumahnya. Buku tersebut berjudul “Simple Thinking About Blood Type” ditulis oleh Park Dong Sun, buku ini bagus banget, dikemas sangat menarik dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan mengundang gelak tawa apalagi buku ini ditulis dalam bentuk komik sehingga membuat pembaca tidak bosan.

Berikut perbedaan karakter dan sifat berdasarkan tipe-tipe golongan darah A, B, O dan AB.

  1. Golongan Darah Secara Umum
  • Golongan Darah A: Golongan darah A hidup secara teratur dan taat peraturan, dia peduli dan perhatian terhadap orang lain. Sulit beradaptasi dengan lingkungan sosial yang cepat berubah. Sangat berhati-hati ketika memulai pekerjaan yang baru. Karena pesimistis terhadap masa depan, golongan darah A banyak melakukan persiapan sempurna sebelumnya. Golongan darah A sangat sabar dan baik hati, juga mudah sakit hati jika dibandingkan dengan golongan darah yang lain.
  • Golongan Darah B: Golongan darah B tidak suka mencampuri urusan orang lain, juga tidak suka bekerja atau melakukan sesuatu secara teratur. Jika menyukai sesuatu maka dia akan melakukannya terus-menerus tanpa memedulikan yang lain. Berpikiran bebas dan banyak ide. Dia adalah orang yang jujur dan tulus dalam pergaulan. Mayoritas golongan darah B optimistis terhadap masa depannya. Tidak mudah terpengaruh oleh keadaan sekitar dan apatis terhadap masalah di sekitarnya. Mudah berubah pikirannya, tidak terlalu romantis tetapi banyak juga yang ramah.
  • Golongan Darah O: semangat hidup golongan darah O sangat kuat. Idealis segaligus realistis. Saat punya suatu tujuan, awalnya golongan darah O sangat bersemangat tetapi jika tujuannya menjadi kabur, maka motivasinya langsung hilang. Suka mengatur orang lain juga selalu berhati-hati karena melihat orang lain sama kuatnya dengan dirinya. Cenderung berkonsentrasi pada satu pekerjaan saja. Banyak golongan darah O yang menjadi spesialis atau ahli dalam bidang tertentu. Jujur, tegas. Banyak golongan darah O yang hidup dengan penuh percaya diri dan banyak ide. Orang yang emosional tetapi tidak memiliki keberanian.
  • Golongan Darah AB: golongan darah AB adalah campuran antara sifat golongan darah A yang tenang dan stabil juga plin plan seperti sifat golongan darah B. Golongan darah AB adalah orang yang realistis, dingin, dan berkemampuan bernegosiasi sangat baik. Kritikus yang berbakat dan pandai memberi saran. Namun tidak semua orang suka mendengarkan sarannya meskipun semua yang dikatakannya benar. Suka menjaga hubungan baik tetapi tidak suka orang lain ikut campur privasinya. Di sisi lain banyak golongan darah AB yang aneh dan sentimentil. Diantat semua golongan darah, golongan darah AB lah yang sangat tertarik terhadap kekuasaan dan politik. Dia cenderung menganggap remeh orang lain. Meskipun memiliki banyak pekerjaan, mereka tetap harus memiliki waktu untuk tidur walaupun sedikit. Golongan darah AB suka mengkritik orang lain, padahal dia sendiri tidak pernah melakukan tindakan yang disarankannya.

     2. Daya Tarik Golongan Darah

  • Dari Sudut Pandang Cewek Golongan Darah A
    Cowok golongan darah A: menarik karena peduli, hangat, dan penuh perhatian.
    Cowok golongan darah B: menarik karena selalu melakukan sesuatu secara bebas dan sesuka kami.
    Cowok golongan darah O: menarik karena ramah dan ceria.
    Cowok golongan darah AB: karena bisa merasakan kelembutan hati cewek golongan darah A, maka mereka selalu ingin bergantung padanya.
  • Dari Sudut Pandang Cewek Golongan Darah B
    Cowok golongan darah A: pikirannya dalam, kepeduliannya tinggi, dewasa dan bisa diandalkan.
    Cowok golongan darah B: Cewek dan cowok sesama golongan darah B sangat cocok dan serasi. Selain itu karena bisa menjadi teman sejati selamanya maka selalu bisa saling mengandalakan.
    Cowok golongan darah O: menarik karena sangat bersemangat dan aktif untuk mengajarkan sesuatu yang baru. Namun mereka hanya mengajarkan sesuatu bagi mereka saja.
    Cowok golongan darah AB: menarik karena unik dan tidak masuk akal.
  • Dari Sudut Pandang Cewek Golongan Darah O
    Cowok golongan darah A: menarik karena penuh perhatian dan hangat.
    Cowok golongan darah B: menarik karena golongan darah O yang individualis tertarik pada kata-kata indah dan tingkah lqgu golongan darah B.
    Cowok golongan darah O: menarik karena menentramkan dan mengayomi seperti seorang kakak laki-laki.
    Cowok golongan darah AB: menarik karena pintar dan logis (Golongan darah O cenderung menyukai Golongan darah AB secara berlebihan.
  • Dari Sudut Pandang Cewek Golongan Darah AB. Cowok golongan darah A: sangat cocok karena sifatnya sama dan serupa. Cowok golongan darah B: meskipun kepercayaan diri dan tingkah lakunya menarik serta aneh, tetapi mereka bukan pribadi yang rumit dan orang yang “cool”.
    Cowok golongan darah O: membuat nyaman karena jujur dan tidak sombong.
    Cowok golongan darah AB: menarikkarena hanya mereka yng mengerti percakapan diantara mereka sendiri.

      3. Tipe Berpacaran Golongan Darah.

  • Golongan Darah A: Seperti sifatnya yang selalu terencana dan perfeksionis, pada awal berpacaran, golongan darah A akan sangat berhati-hati dalam melangkah. Bila memberikan kebaikan kepada lawan jenis, maka harus ada timbal balik di suatu hari. Jika tidak ada timbal balik, mereka akan kesal
  • Golongan Darah B: Golongn darah B lebih cenderung untuk melakukan sesuatu yang disukainya. Bisa menjadi cowok keren atau orang yang nudah bergaul, tetapi juga bisa mandiri tanpa bantuan dari lawan jenisnya. Mereka membenci gangguan yang berlebihan dalam hubungan cinta. Mereka bisa membatalkan janji satu jam sebelumnya.
  • Golongan Darah O: ketika golongan darah O jatuh cinta, bum! cepat sekali mendidihnya. Tetapi cepat sekali menjadi dingin. Karena bersifat realistis terhadap kehidupan, mereka tidak mengenal permintaan kekanak-kanakan seperti “ambilkan bulan di langit”
  • Golongan darah AB: Golongan darah AB yang cenderung berpikir realistis dan masuk akal kadang malah bisa melukai kekasihnya. Karena pada dasarnya memang bersifat penyayang, mereka selalu mengurus sesuatu dengan hati-hati.

      4. Saat Sedang Jatuh Cinta

  • Cinta golongan darah A:
    Cinta golongan darah A seperti tembikar. Memanas secara perlahan tetapi lama-kelamaan perasaannyalah yang paling dalam. Seperti rajutan. Membutuhkan waktu yang lama tetapi berkualitas. Pada awalnya cinta golongan A selerti mengetuk jalan berbatu sambil berjalan, selalu bijaksana dalam melangkah. Cowok golongan darah A selalu memiliki prinsip dalam berpacaran tetapi hal ini bisa membuat wanita berpikir bahwa dia kolot. Ketika mulai berpacaran, cewek golongan darah A selalu berhati-hati. Namun merekaakan melakukan yang terbaik jika sudah jatuh cinta.
  • Cinta Golongan Darah B
    Cinta golongan darah B berani dan terbuka. Golongan darah B selalu penasaran terhadap lawan jenis yang disukainya. Berkat sifatnya yang terbuka, mereka cepat akrab. Cinta biasanya datang karena kebiasaan dalam pertemanan. Pertama-tama, jika terlibat dalam sebuah cinta (yang bertepuk sebelah tangan), maka semuanya akan kacau. Orang-orang yang disekitarnya pun akan terkena imbasnya. Cowok golongan darah B seperti memiliki dua kepribadian yang berbeda. Di satu sisi mereka bersifat penuh semangat dan terus terang, tetapi secara mengejutkan banyak juga di antara mereka yang pemalu. Cewek golongan darah B tidak menyadari sinyal cinta lawan jenis. Jika mendapatkan pernyataan cinta, maka akan muncul rasa sayang dan ketertarikan secara bersamaan.
  • Cinta Golongan Darah O
    Golongan darah O yang cenderung mengelompokkan orang berdasarkan teman atau lawan, akan langsung memberi penilaian pada saat pertemuan pertama. Karena semangat hidupnya tinggi, mereka tidak akan melewatkan jam makannya, meskipun terlukai atau berpisah dengan pacarnya. Golongan darah O yang realistis tidak mengorbankan hidupnya demi cinta. Karena rasa posesifnya sangat kuat, maka dibandingkan dengan golongan darah yang lain, cowok golongan darah O mudah cemburu dan cenderung mengekang pacarnya. Cewek golongan darah O yqng masih muda sangat manja. Tetapi cewek golongan darah O yang lebih dewasa atau mapan secara finansial, bebas bersosialisasi dan sukses. Mereka tidak menganggap penting cowok.
  • Cinta Golongan Darah AB
    Alasan golongan darah AB tidak suka nonton drama romantis adalah karena mereka tidak menyukai hubungan yang panas dan menggebu-gebu. Daripada menjadi pemeran utama dalam sebuah drama, golongan darah AB lebih suka menjadi pameran utama dalam sebuah dongeng. Mereka selalu mempertahankan kebiasaan merekapert dan menjaga jarak, sehingga membuat bingung kekasihnya. Wanita butuh seseorang yang dapat diandalkan, tetapi cowok golongan darah AB cenderung bersikap netral. Cewek golongan darah AB selalu tampil penuh percaya diri. Mereka menyukai hal-hal yang mewah, modis, dan lain lain (Jika bertemu dengan kenalan yang juga bergolongan darah AB sedang memakai baju yang sama, mereka akan terkejut). Karena cewek golongan darah AB tidak suka kontak fisik yang berlebihan, maka lebih baik tidak terlalu mengusiknya.
    Itulah beberapa hal mengenai perbedaan karakter dan sifat seseorang berdasarkan golongan darah, sebenernya masih banyak lagi hal-hal yang dijabarkan dalam buku tersebut.

Setelah saya membaca buku ini, saya yang bergolongan darah B dibuat manggut-manggut sambil berkata “Wah eike banget nih”.
Jadi buat para pejuang cinta yang ingin menakhlukan gebetannya mungkin hal ini bisa dicoba untuk lebih mengenal lawan jenis lebih dalam, tapi ingat golongan darah bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kerakter dan sifat manusia, dan juga tidak semua manusia memikili kesamaan walaupun sama-sama dalam tipe golongan darah.

Anyway, golongan darah suamiku apa yah.

Image is copied from reginatya85.blogspot.co.id 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s