Cara Mendapatkan Ijin Mengendarai di Australia

Posted on Updated on

drive licenseKali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam tulisan mengenai pembuatan ijin mengendarai (SIM) di negara Australia. Bisa di bilang bahwa untuk proses mendapatkan surat ijin mengemudi di negara ini sangatlah berbeda dibandingkan dengan proses di Indonesia, karena begitu banyak step yang harus dilalui. Step pertama adalah car driver knowledge test yaitu menguji pengetahuan kita mengenai rambu-rambu dan aturan berkendara, dimana kita harus bisa menjawab minimal 78% dari 32 untuk lulus atau 25 soal dengan jawaban benar pada soal multiple choice di komputer, jika  belum dapat mencapai nilai minimal lulus maka kita harus mengulang kembali, dan apabila kita bisa melewati uji pengetahuan tersebut, maka secara otomatis kita sudah mengantongi ijin untuk belajar mengendarai mobil atau yang disebut dengan Learner Permit.

Pada masa kita belajar mengendarai mobil, kita wajib didampingi seorang supervisor/instruktur mengemudi, kita bisa memilihi jasa kursus mengemudi mana yang ingin kita pakai. Disini kita harus benar-benar berkonsentrasi dalam belajar, karena percayalah untuk membayar instruktur mengemudi tidaklah murah di Australia, satu jam saja kita harus merogoh kantong $ 50. Pada saat belajar instruktur saya menyarankan satu minggu sekali untuk berlatih dan hanya satu jam saja dan itu memang rata-rata untuk belajar berkendara. Untuk para pemula, mobil yang kita gunakan diwajibkan dipasang plat L berwarna kuning yang berarti Learner. Selama kita belajar berkendara, supervisor kita akan selalu mencatat dan menilai setiap aksi kita sebagai record, yang nantinya jika kita sudah dianggap siap, maka akan ada tes lagi yang nanti jika kita bisa melewati kita kan bisa mendapatkan ijin berikutnya yaitu P1 (Probation 1), setelah itu P2 ( Probation 2), dan terakhir barulah kita bisa mendapatkan Full License, untuk lebih detailnya saya belum bisa menjabarkan karena saya baru ditahap Learner Permit hehe. Tapi yang pasti dalam tiap-tiap step kita nantinya akan mendapatkan kartu, yang bentunya sama seperti sim pada umumnya.

Untuk informasi selanjutnya bisa anda lihat di link webside berikut ini

https://www.newcomersaustralia.com.au/blog/36/how-to-get-a-driver-s-licence-in-australia/

di link tersebut anda pilih state dimana anda mendaftar dan mengurus ijin mengemudi.

Kalau saya mengurusnya di Astralia bagian Victoria hingga nantinya saya diajak untuk melihat webside resminya di https://www.vicroads.vic.gov.au/licences/your-ls

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s